Perkembangan industri pangan di Indonesia semakin meningkat, salah satu produk unggulan yang masih diminati hingga saat ini yaitu telur asin. Desa Kebonsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo merupakan desa yang masyarakatnya menjadi peternak bebek serta menciptakan produk telur asin sejak tahun 1990. Pada tahun 2007 Bupati Sidoarjo yaitu pak Win Hendarso  resmikan desa tersebut menjadi “Kampung Bebek”. 


Salah satu tokoh peternak bebek di Kampung Bebek yang menciptakan telur asin dengan berbagai rasa unik dan berkualitas tinggi yaitu Pak Sulaiman. Pak Sulaiman memulai sebagai peternak bebek pada tahun 1997. Bertahun-tahun hingga sekarang Pak Sulaiman bekerja keras dan belajar dari berbagai pengalaman hingga mendirikan usaha yang dikenal dengan UD. ADON JAYA. Pak Sulaiman merupakan salah satu tokoh peternak bebek peraih juara 1 tingkat Nasional Ketahanan Pangan tahun 2010.


Tak semudah membalikan telapak tangan, Pak Sulaiman pada awal usahanya sering mengalami masalah, seperti telur asin yang dijual ke toko-toko sering dikembalikan karena rusak. Dari sinilah beliau berpikir bagaimana caranya telur asin dapat bertahan lebih dari seminggu tanpa bahan pengawet. Terinspirasi dari proses pengasapan bandeng yang dapat bertahan lebih tahan lama, Pak Sulaiman mencoba teknik pengasapan pada telur asin ,sehingga telur asin dapat bertahan 20 hari sampai 1 bulan.


Tidak hanya itu, Pak Sulaiman juga menciptakan beberapa inovasi rasa telur asin yang unik dari cara proses pembuatannya  yaitu telur asin yang dibakar rasanya seperti telur kepiting, telur asin yang diasap rasanya seperti udang, dan telur asin yang digoreng memiliki rasa seperti ikan salmon.


Bukan hanya proses yang unik dalam pembuatan telur asinnya, pemberian pakan pada bebek bertelur menjadi faktor yang dapat mempengaruhi rasa dan kualitas dari telur itu sendiri. Pemberian pakan pada bebeknya salah satunya campuran kepala udang dengan kupang yang dapat memberikan kandungan protein yang sangat tinggi pada telurnya.


Jika anda berkunjung ke Kota Sidoarjo dan bingung mencari oleh-oleh untuk keluarga, teman, dan tetangga? Anda dapat langsung datang ke Kampung Bebek dan membeli oleh-oleh telur asin aneka rasa serta lezat di Desa Kebonsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo.